Kamis, 10 November 2011

"Release Me" dan Jambang Engelbert Humperdinck

ENGELBERT HUMPERDINCK

Nama Lahir: Arnold George Dorsey
Lahir: Madras (Chennal), India, 2 Mei 1936
Mengahsilkan 46 album
Menjual 150 juta kopi album
Sejumlah lagu terkenal:
- Release Me
- Quando, Quando, Quando
- Am I That Easy to Forget
- There Goes My Everything
- A Man Withaout Love
- The Way We Used to Be
- The Last Waltz

Penyanyi asal Inggris, Engelbert Humperdinck, tampil di Jakarta, Jumat (28/10) malam. Tentu ia menyanyikan "Release Me", satu lagu yang mengubah hidup dan kemudian menghidupinya serta menjadi kenangan bagi jutaan orang. 

OLEH FRANS SARTONO

"Ada dua oleh-oleh yang selalu diminta orang Rusia saat diplomat mereka pergi ke luar negeri. Yang pertama adalah blue jeans. Yang kedua adalah piring hitam Engelbert humperdinck, he-he-he,"  kata Engelbert Humperdinck (75) saat berbicang-bincang dengan Kompas, Jumat (28/10) siang, di Hotel Ritz Carlton, Jakarta. 
     Engelbert saat itu tengah bercerita tentang popularitas lagu-lagunya paa paruh kedua era 1960-an. Begitu kondangnya lagu "Release Me (And  Let Me Love Again)" hingga nama Engelbert mampu menembus "Negeri Beruang Merah" Rusia pada era kekuasaan komunisme.
     Kekuatan "Release Me" dan sosok Engelbert masih terasa hingga hari ini. Nyatanya, Engelbert didatangkan untuk bernyanyi di Jakarta oleh  keluarga besar Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) yang tengah mengadakan Silaturahmi Nasional di Hotel Ritz Carlton, Kuningan, Jakarta.
     Engelbert menyodorkan lagu-lagunya yang terbukti sebagai lagu evergreen, alias lagu awet sepanjang masa. Tersebutlah, antara lain, "Quando, Quando, Quando", "Am I That Easy to Forget", "There Goes My Everything", "A Man Without Love", "The Way We Used to Be", dan "The Last Waltz".
     Lagu-lagu tersebut terkenal di Indonesia pada 1968 seturut bermunculannya radio-radio swasta yang dulu disebut radio amatir. Lagu Engelbert dan juga penyanyi, seperti Tom Jones, Percy Sledge, Glen Campbell, Lulu, atau grup seperti The Beatles dan Bee Gees, bak menandai datangnya era baru dari penguasa baru yang menyebut diri sebagai Orde Baru.
     Era sebelumnya lagu-lagu Barat agak sulit mendapat tempat di radio sehingga kurang populer.
     Harus diakui "Release Me" adalah lagu yang melambungkan nama Engelbert bukan hanya di Indonesia, melainkan di banyak negara. Setiap penampilannya selama 44 tahun, Engelbert tak pernah alpa menyanyikan lagu itu dan tak pernah bosan.
     "Ya dan setiap kali saya menyanyikan 'Release Me' rasanya seperti  pertama kali membawakannya," kata Engelbert yang saat ditemui mengenakan jins biru dan kaus oblong biru.
     "(Lagu) itu menjadi batu loncatan pertama saya ke negara-negara yang tak berbahasa Inggris. Itu lagu yang memberi saya sukses. Lagu yang memberi saya hidup. Saya mempunyai 40  album dan ratusan lagu, tetapi yang pasti diketahui orang adlaah 'Release Me'," tambahnya.

Nama dan jambang

     Selain lagu "Release Me", ada satu hal yang dianggap membawa kebertuntungan bgi Engelbert, yaitu nama Engelbert Humperdinck itu sendiri. Pria asal Inggris kelahiran Madras, India, 2 Mei 1936 ini bernama lahir Arnold George Dorsey.
     Saat itu oleh manajernya, Gordon Mills, yang juga merupakan manajer Tom Jones, ia diberi nama panggung Engelbert Humperdinck. Nama itu diabil dari nama komposer Jerman, penulis opera "Hansel un Gretel" yang meninggal pada tahun 1921.
     Mengapa  dia merasa  perlu ganti nama?
     "Setiap orang dalam showbiz biasa mempunyai dua nama. Frank Sinatra, Tony Bennet, Gilbert O'Sullivan, semua punya dua nama. Manajer menamai saya Engelbert Humperdinck karena nama itu terdengar aneh dan tidak ada (dalam bisnis musik) saat itu. Engelbert Humperdinck yang sesungguhnya sudah meninggal tahun 1921. Jadi, tidak ada lagi nama Engelbert Humperdinck," katanya. 
     "Tetapi sekarang saya tambahkan (gelar) doktor di depan nama itu. The real Engelbert Humperdinck  tidak punya gelar doktor, he-he-he," kata Engelbert yang mendapat penghargaan gelar doktor dalam bidang musik dari Universitas Leicester, Inggris pada 2009.
     Selain lagu dan nama, masih ada satu lagi yang membuat Engelbert terkenal, yaitu citra penampilannya. Ia secara sadar merancang penampilan agar tampak berbeda dengan menghitamkan rambut dan, ini dia, memelihara sideburns alias jambang. Dia mengklaim sebagai yang lebih dahulu menggunakan jambang sebelum bintan pop lain. 
     "Saya yang pertama memakainya (jambang). baru kemudian Elvis (Presley), Tom Jones, Glen Campbell. Elvis baru memelihara jambang tahun 1971," katanya.
     Engelbert lalu bercerita tentang perancang baju untuk Elvis. Sang desainer membuat sketsa baju dengan kerah besar khas Elvis era 1970-an.
     "Ia menggambar sketsa wajah Elvis disertai jambang. Ketika melihat  gambar itu, Elvis bilang, 'Hei, itu bukan saya, itu Engelbert Humperdinck' ha-ha-ha," katanya menirukan suara Elvis. Ia seperti hendak mengatakan bahwa raja rock n roll saja mengakui jambang Engelbert.

Kerja keras

     Ketika bertemu Engelbert di tempat menginapnya, Ritz Carlton, Jakarta, Kompas mendapatinya sedang mengisi teka teki silang (TTS). Di meja tampak berlembar-lembar TTS yang masih kosong ataupun yang telah terisi. Aktvitas tersebut ia lakukan untuk mengasah daya ingat dan kemampuan berpikir.
     Lelaki berusia 75 tahun ini tampak bugar dan gagah. Ia terus berolahraga untuk menjaga kebugaran badan. Satu hal yang pasti, ia terus bernyanyi. Bahkan, Engelbert berencana menggelar tur di Asia Tenggara pada Februari 2012 dan berharap bisa mampir ke Indonesia.
     Bagaimana ia mengelola diri di panggung industri musik yang banyak diisi kaum muda? 
     "Selama 44 tahun berkarier, saya bekerja keras. Saya banyak berlatih. Anda lihat sendiri, tadi saya masih berlatih," kata Engelbert yang memang melakukan latihan bersama band pengiringnya sebelum pentas.
     Ia memastikan perangkat tata suara tidak menimbulkan dengung yang akan mengganggu penonton. Ia bahkan secara detail memperhatikan gerak dua penari latar.
     "Saya berlatih untuk memastikan segalanya berjalan seperti yang semestinya, band, musik, tata suara. Segalanya harus correct," ujarnya.
     Bagaimana melihat perjalanan karier Anda sejauh ini?
     "saya sangat bangga karena saya masih bisa bekerja. Saya suka bekerja dan berkeliling dunia. Saya  menikmati berada di negeri-negeri yang berbeda. Negeri yang tidak menggunakan bahasa Inggris, tetapi warganya bisa menyanyikan lagu-lagu saya. Saya menikmati sekali bernyanyi bersama mereka," kata Engelbert.
     "Itu merupakan hal yang memberi arti hidup dan saya berharap perjalanan saya di showbiz tidak pernah berakhir," katanya menambahkan

Dikutip dari KOMPAS, KAMIS, 10 NOPEMBER 2011

6 komentar:

  1. Saya penggemar berat Engelbert Humperdink. Usia saya sekarang 62 tahun. sejak SMP kelas I saya senang menyanyikan lagu lagu Engelbert dan tentu juga Tom Jones. Jika hadir di acara Kemanten atau diacara relaks lainnya , rasanya tidak klop jika pas menyumbangkan lagu saya tidak menyanyikan lagu dari kedua penyanyi tersebut.
    Lagu lagu baru saya tidak terlalu mengikuti dan terasa kurang sesuai saya bawakan. Mungkin era dan selera yang berbeda membuat demikian. Semoga kedua penyanyi favorit saya tetap sehat dalam usianya yang sudah tua dan dapat tetap menghibur seluruh dunia dengan nyanyiannya.

    BalasHapus
  2. Saya penggemar Engelbert Humperdink sejak SMP sampai sekarang, setiap hari saya mendengarkannya...

    BalasHapus
  3. Saya penggemar berat Englebert Humperdink sejak saya SMP Umur saya sekarang 68 thn lagu yang paling saya hafal dulu dan sukai adalah lagu Realeasme sampai sekarang juga Spanish eyes tapi semua lagu lagu Englebert saya suka suaranya lantang lembut dan merdu di usia saya sekarang ini lagu penghantar tidur saya selain sholawat dan zikir termasuk lagu lagu Englebert Humperdink saya merasa sampai saat ini belum ada yang bisa menggantikannya sayangnya anak anda tidak seperti anda untuk sebagai ganti karena dunia musik membutuhkan penyanyi seperti anda semoga anda/keluarga selalu dalam keadaan sehat walafiat dan bahagia selalu

    BalasHapus
  4. Beliau tak tergantikan,baik suara & penampilannya yg teduh & menyejukkan..
    Saya tdk akan pernah bosan dg ENGELBERT HUMPERDINC..👍👍👍😍

    BalasHapus
  5. Penyanyi ini Favorit saya dan keluarga disetiap acara (Pernikahan atau acara rileks dengan Keluarga ) saya biasanya membawakan lagu lagu Engelbert seperti Release Me dll suaranya pas mantabs..

    BalasHapus
  6. Well, Engelbert and Tom Jones are really my favourite singers. I love both them and their old songs forever but I can't immitate their vocals in high tones. So I just enjoy them up to now a day. Mercy.

    BalasHapus